Tuesday, June 21, 2016

16 FAKTA TAMAN KOMODO INDONESIA

16 FAKTA TAMAN KOMODO INDONESIA



Sebagai sebuah permata dari Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Komodo membanggakan kombinasi langka pemandangan spektakuler dan makhluk asli yang unik dimana komodo yang bisa mencapai 2 sampai 3 meter dalam ukurannya.

Terdaftar di antara Situs Warisan Dunia UNESCO, daerah ini juga tujuan besar bagi pengunjung yang menikmati kegiatan di luar ruangan seperti diving, snorkeling dan trekking.

Merencanakan kunjungan? Berikut adalah beberapa fakta menyenangkan yang Anda harus tahu sebelum Anda pergi.

1. Sampai dengan 5.965 komodo dapat ditemukan di Taman Nasional Komodo, yang meliputi tiga pulau besar, yakni Pulau Komodo, Rinca dan Padar. Pulau Komodo memiliki setidaknya 2.918 naga, sedangkan sisanya tersebar di Pulau Rinca (2875), Gili Motang Pulau (92), Nusa Kuda Island (75) dan Pulau Padar (lima).

2. Selain wisatawan, taman juga merupakan tujuan populer bagi para ilmuwan dan naturalis yang ingin mempelajari evolusi hewan, seperti komodo hanya ada di Indonesia. Nusa Tenggara Timur memiliki populasi terakhir dari kadal besar, yang hidup di seluruh Indonesia dan Australia jutaan tahun yang lalu.

3. Penjaga Taman tidak memberi makan komodo; mereka membiarkan mereka berburu binatang seperti kambing dan burung, seperti di alam liar.

4. Komodo hidup soliter. Mereka tidak berkumpul dalam kelompok-kelompok dan mereka lebih memilih untuk berburu sendirian.

5. Menjadi hewan berdarah dingin, komodo mendaki bukit di taman untuk berjemur di pagi hari, dan kemudian kembali ke daerah-daerah teduh untuk mendinginkan.

6. Komodo bisa stres ketika ada terlalu banyak orang di sekitar. Rangers akan segera memperingatkan pengunjung untuk menjauh ketika hal ini terjadi.

7. Hewan ini biasanya kawin antara Juni dan Juli ketika wanita telah mencapai usia delapan dan laki-laki adalah tujuh. Pada bulan September, betina dapat meletakkan hingga 15-30 telur setelah mengambil alih sarang yang dibuat oleh sikat kalkun dan memperdalam lubang dengan dua meter. Sekitar 70-80 sarang dapat ditemukan di Pulau Rinca.

8. Untuk mengurangi risiko predator seperti ular atau babi hutan memangsa telur, komodo betina menggali beberapa lubang tambahan di dekat sarang mereka yang sebenarnya dalam upaya untuk menyamarkan itu. Lubang ini sangat mirip bahkan ibu Komodo bisa bingung dalam mengenali yang asli.

9. Para ibu menetaskan telur mereka selama tiga bulan dan kemudian meninggalkan sarang, hanya untuk kembali sembilan bulan kemudian ketika telur yang akan menetas. Menariknya, dikatakan bahwa Komodo betina hanya peduli tentang telur mereka, bukan remaja.

10. Setelah menetas, Komodo yang baru lahir memanjat pohon untuk menghindari predator dan bertahan hidup dengan makan kadal, ular kecil dan tinggal di pohon-pohon sampai mereka mencapai 
3 sampai 5 tahun.

11. Komodo adalah hewan kanibal.

12. Ketika merasa terancam, Komodo dapat membuat serangan mendadak. Hal ini disarankan untuk tetap tenang jika Anda didekati oleh Komodo marah. Jangan panik dan tidak bergerak. Diam, seperti Komodo dapat berjalan sangat luas dan Anda tidak akan dapat untuk menjauh dari anda. Ikuti setiap langkah ranger Anda memberitahu Anda di situasi seperti ini.

13. Pantai merah muda yang terkenal dapat ditemukan di Pulau Komodo, dimana binatang hidup di alam liar. Disarankan tidak untuk perjalanan terlalu jauh dari pantai karena Anda kemungkinan besar 
akan bertemu komodo di bukit-bukit sekitarnya.

14. Hindari digigit oleh Komodo karena mereka memiliki air liur beracun yang mengandung bakteri mematikan. Mereka biasanya menggigit mangsanya dan kemudian mengikutinya sampai bakteri berlaku.

15. Pengunjung ketat disarankan untuk mematuhi semua aturan di taman nasional dan tinggal di kelompok untuk keselamatan mereka sendiri. Wanita yang sedang menstruasi harus memberitahu ranger sebagai komodo sangat sensitif terhadap bau darah.

16. Pulau Padar telah mulai mendapatkan popularitas sebagai tujuan berikutnya untuk mengunjungi di Manggarai Barat berkat lingkungan yang indah untuk fotografi dan trekking.

Terima Kasih Sudah Berkunjung Ke Situs Dengan Artikel Bola Terlengkap di BandarDunia Untuk Panduan Cara Daftar Sbobet tetap Stay Bersama Kami

No comments:

Post a Comment